Balada Hak Cipta Film Hulk, Antara Hak Produksi dan Distribusi

Sampai sekarang, Marvel Studio masih enggan membuat film solo untuk film Hulk, itu terjadi karena hak cipta film hulk yang bukan sepenuh milik mereka. Kok bisa?

Dalam industri film Amerika, hak cipta film terbagi menjadi dua, hak distribusi dan hak produksi. Hak distribusi menaungi segala hal terkait distribusi film, sedangkan hak produksi adalah hak kebebasan dalam menggunakan karakter.

Hak Cipta Film Hulk

Sosok Hulk yang diperankan oleh Bruce Banner, selalu menjadi bagian penting dalam setiap serial film Marvel’s Avenger buatan Marvel Studio, layaknya Captain America, Thor, Black Panther ataupun Iron Man.

Berbeda nasib dengan tokoh lainnya dalam film Marvel’s Avenger: Infinity War. Si raksasa hijau “Hulk”, hak distribusi film-nya bukan milik Marvel, melainkan milik Universal Pictures, meskipun hak produksi sepenuhnya milik Marvel. Itulah yang menghalangi langkah Marvel untuk membuat film solo si raksasa Hijau. Mereka enggan membuat film yang hak cipta-nya tidak sepenuhnya di tangan mereka.

The Hulk yang dibuat tahun 2003 diproduksi oleh pihak ketiga. Sedangkan The Incredible Hulk (2008), pihak Marvel ikut membantu dalam produksinya, meskipun tidak dengan sepenuh hati.

Menengok ke belakang, adanya dua hak kepemilikan pada film Hulk, terjadi karena keadaan finansial Marvel studio yang dulunya tidak sebagus sekarang. Dulunya, Marvel tidak cukup dana untuk menyebarkan film sehingga urusan distribusi diserahkan pada Universal Picture.

Berbeda sekarang, setelah Marvel Studio menjadi bagian dari Walt Disney Company Pictures. Dengan cukup uang di kantongnya, dia ingin mendistribusikan sendiri hasil karyanya. Hasilnya, Marvel sedang berusaha membeli kembali lisensi distribusi film Hulk, supaya bisa memegang penuh hak cipta film Hulk.

Hal serupa telah berhasil dilakukan oleh Marvel Studio untuk karakter Komik Marvel lainnya. Seperti lisensi distribusi film Spiderman, Iron Man dan Captain America yang telah kembali ke pangkuan Marvel setelah lama berada di Paramount Pictures.

Sumber: Beritagar.id

Leave a Reply